PSHK Terima Konsultasi Hukum dari DPRD Cilacap

Posted Senin Desember 11, 2017 by Humas PSHK

Taman Siswa, (7/12) PSHK FH UII menerima tamu dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap. Pertemuan yang dijamu di Ruang Rapat Dekan Fakultas Hukum UII tersebut dalam rangka menerima konsultasi hukum perihal Peraturan Pemerintah (PP) No. 56 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua PP No. 48 Tahun 2007 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Forum yang dilaksanakan selama 1,5 Jam tersebut dari PSHK dihadiri oleh Direktur dan Sekretaris Jenderal, sementara dari DPRD Cilacap dari Wakil Ketua dan anggota fraksi.

Wakil DPRD Cilacap Barkatul Anam menyampaikan bahwa isu yang menjadi pokok bahasan dalam forum tersebut ialah “Problematika Pengangkatan Tenaga Honorer oleh Kepala Daerah”, yang pada status quo di Kabupaten Cilacap bahwasanya Bupati tidak berani menerbitkan SK Tenaga Honorer, namun sekedar Surat Tugas lantaran belum jelasnya perintah dari perundang-undangan.

Direktur PSHK Anang Zubaidy dalam keterangannya menjelaskan bahwa benar “sejak ditetapkannya PP 48/2007, semua Pejabat Pembina Kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi (termasuk Bupati), dilarang mengangkat tenaga honorer atau yang sejenis, namun demikian ketentuan ini ada pengecualiannya yakni kecuali ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah”. Ali Ridho selaku Sekjend menambahkan bahwa “Hal yang dikecualikan tersebut dapat ditemukan dalam Pasal 3 PP 48/2007, bahwa pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil diprioritaskan bagi yang melaksanakan tugas salah satunya sebagai tenaga guru”.

Penjelasan diatas menunjukkan adanya celah, bahwa sejatinya meski ada larangan untuk mengangkat tenaga honorer menjadi CPNS namun asalkan untuk mengangkat beberapa tenaga honorer yang diprioritaskan menurut PP hukumnya adalah boleh. Poin itulah yang diinginkan jawabannya oleh DPRD Cilacap sebagai dasar dalam mengambil kebijakan di Daerahnya. [YRH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *